Bingung Liburan? 5 Museum di Sumatera Barat ini Direkomendasikan bagi yang Tertarik dengan Sejarah
Museum Adityawarman

Bagikan:

BENGKULU - Saat akhir pekan datang, terkadang kita bingung menentukan destinasi liburan. Sebenarnya, banyak opsi yang dapat kita pilih, tergantung pada tema liburan yang kita inginkan. Salah satunya adalah museum jika Anda tertarik dengan tema sejarah. Selain berwisata, Anda dapat mengenal lebih dalam latar belakang sejarah tempat tersebut. Ada wisata museum yang sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang berlibur ke Sumatera Barat. Berikut adalah beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi setelah mendarat di sana.

Museum Adityawarman

Museum ini berlokasi di ibukota Provinsi Sumbar. Selain didesain dengan arsitektur khas Minangkabau, berbagai koleksi tentang kebudayaan Minangkabau juga dipajang di museum ini; pernak-pernik khas Minang, diorama, hingga berbagai peninggalan sejarah Minangkabau.

Museum rumah kelahiran Bung Hatta

Seluruh orang Indonesia tentunya mengenal sosok bapak proklamator ini. Tak hanya menjadi kebanggaan masyarakat Minang, Bung Hatta juga sosok yang memberi inspirasi bagi semua rakyat Indonesia. Bagi Anda yang mengidolakan pemikiran-pemikiran beliau wajib mengunjungi museum rumah kelahirannya di Kota Bukittinggi. Meskipun bangunan tersebut hanya berupa replika, tetapi perabot yang ada di dalamnya adalah perabotan asli peninggalan keluarga Bung Hatta.

Museum Goedang Ransoem

Museum ini terletak di Kota Sawahlunto dan menjadi bukti sejarah bahwa Belanda pernah menjajah kota ini. Gedung Museum Goedang Ransoem ini awalnya adalah dapur umum bagi pekerja tambang batubara. Dalam museum ini, Anda dapat melihat berbagai koleksi peralatan dapur yang pernah digunakan pada saat itu. Uniknya, kebanyakan peralatan tersebut berukuran raksasa. Tidak jauh dari museum ini, Anda juga dapat berkunjung ke Museum Tambang.

Museum Tuanku Imam Bonjol

Museum ini  berlokasi di Bonjol, Kabupaten Pasaman. Bangunan ini terdiri dari dua lantai dan berisi berbagai barang-barang pribadi Tuanku Imam Bonjol. Senjata-senjata beliau seperti meriam, tombak dan pedang yang dipakai masa perperangan, lukisan-lukisan dan silsilah dari keluarga Tuanku Imam Bonjol, dapat Anda jumpai di museum ini. Hanya saja, pedang-pedang di museum tersebut hanya berupa replika. Uniknya, museum ini terletak tepat di garis nol derajat khatulistiwa Indonesia.

Museum Rumah Kelahiran Buya Hamka

Terletak di tepian Danau Maninjau, museum ini memajang banyak sekali barang pribadi  milik Buya Hamka. Selain terdapat berbagai koleksi pribadi Buya Hamka, Anda akan mendapati ruangan yang penuh dengan buku-buku karya sang ulama dan pujangga ini. Penasaran dengan atmosfer intelektualitas Buya Hamka? Anda dapat merasakannya karena buku-buku tersebut boleh dibaca di tempat.

Demikianlah beberapa destinasi wisata museum yang ada di Sumatera Barat. Dengan berkunjung ke berbagai tempat itu, Anda tidak hanya sekadar berlibur, tetapi juga mendapatkan banyak info terkait sejarah. Tertarik berkunjung?

Ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!