Hobi Tanaman Hias? 5 Jenis Tanaman Unik dan Cantik Ini Wajib untuk Anda ketahui
Tanaman hias berdaun putih (Foto: istimewa)

Bagikan:

BENGKULU - Setiap tahun selalu ada tren yang digemari di kalangan masyarakat. Salah satunya yang paling terbaru adalah tanaman hias. Meskipun tahun telah berganti, tren tanaman hias ternyata masih digemari.

Ada beberapa klasifikasi yang disepakati kalangan penggemar hobi tanaman hias ini, yaitu tanaman hias dengan warna yang cerah seperti merah dan putih. Tanaman hias berdaun putih cukup banyak diburu para penggiat tren ini karena perpaduan warna yang cantik dan unik.

Nah, berikut ini adalah 5 jenis tanaman hias berdaun putih yang cukup direkomendasikan untuk dipelihara.

Monstera Variegata

Tanaman jenis ini cukup populer pada tahun 2020. Monstera variegata memiliki keunikan dengan perpaduan corak berwarna hijau dan putih. Warna putih pada variegata disebabkan oleh mutasi sel akibat kelainan klorofil pada daun. Warna dominan pada daun biasanya akan semakin diminati.

Tanaman ini banyak diburu orang pada tahun lalu meskipun harus dimahari dengan nominal yang tidak murah. Menurut info, tanaman jenis monstera variegata memang sulit dibudidayakan, selain itu, perawatannya pun cukup rumit.

Keladi Putih

Daun keladi putih berbentuk seperti hati dengan guratan hijau dan warna putih sebagai dasar. Perawatan jenis tanaman ini cukup sederhana. Anda cukup siram secukupnya dan hindari dari sinar matahari langsung sebab berpotensi merusak warna putih pada daun.

Tanaman ini cukup mudah didapatkan di toko daring maupun offline. Selain itu, untuk memberi efek terang, keladi putih juga cocok dijadikan tanaman hias dalam ruangan.

Spider Plant

Jenis tanaman hias ini identik dengan tanaman hias dalam ruangan. Karena bentuk daun tanaman ini jatuh menjuntai seperti kaki laba-laba, tanaman ini dikenal dengan nama spider plant.

Warna daun tanaman ini cukup unik, yakni hijau dengan garis putih panjang yang membelah bagian tengah daun. Tak perlu khawatir dengan perawatannya, Anda hanya wajib menyiram dan memberi asupan sinar matahari secukupnya. Namun, jangan sampai terpapar sinar matahari secara langsung dan jangan letakkan spider plant di depan pemanas atau di bawah unit AC.

Aglonema Putih Salju

Tanaman ini dikenal juga dengan nama Sri Rejeki. Satu rumpun dengan keluarga Araceae Genus Aglonema dengan kisaran 30 jenis. Tanaman ini memiliki habitat asli di hutan hujan tropis.

Aglonema Putih Salju memiliki daun berwarna putih dengan corak hijau yang tersebar rata pada permukaan daun. Sedangkan warna putih pada tanaman ini lebih mendominasi daun.

Untuk merawat tanaman ini pun cukup mudah, siram tanaman secukupnya dan hindari kontak dengan daun lain untuk menghindari kebusukan. Anda cukup letakkan tanaman jenis ini di tempat yang teduh atau sejuk. Tanaman ini dapat tumbuh secara maksimal hingga 20 cm jika perawatan dilakukan dengan benar.

Anggrek Bulan

Anggrek bulan adalah jenis anggrek yang kerap diminati oleh kalangan ibu rumah tangga. Daya pikat anggrek ini kita temui pada bunganya yang lebar. Warna semburat kuning atau ungu menjadikan bunga ini demikian anggun. Namun, yang perlu diketahui, jenis anggrek ini tidak tahan cuaca panas, sehingga harus ditaruh dalam ruangan yang tidak terpapar sinar matahari.

Anggrek bulan tidak membutuhkan sinar matahari terlalu banyak, sebab hal tersebut berpotensi menghambat pertumbuhan anggrek bulan.

Namun, anggrek bulan putih membutuhkan sirkulasi udara yang baik. Anda dapat menempatkan anggrek bulan di dekat jendela atau ruangan dengan sirkulasi udara yang terjamin kualitasnya. Siram bunga sehari dua kali dengan menyemprotkan air ke bagian akar.

Demikianlah 5 jenis tanaman hias berdaun putih yang dapat menjadi pilihan untuk menjalankan hobi Anda. Kira-kira jenis mana yang menarik hati Anda?

Ikuti info dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!

Terkait