6 Tanaman Hias yang Membuat Kualitas Tidur Anda Menjadi Lebih Baik
Tanaman Lidah mertua (Foto: Istimewa)

Bagikan:

BENGKULU - Lingkungan yang kurang nyaman akan membuat tidur menjadi kurang berkualitas. Namun, beberapa tanaman hias yang diletakkan dalam kamar dapat membantu Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) mengungkapkan bahwa sejumlah tanaman populer seperti lidah mertua dapat meningkatkan kualitas udara dalam ruangan.

Dengan manfaat tersebut, sejumlah tanaman dapat membantu seseorang mendapatkan tidur yang nyenyak. Kualitas tidur yang baik didapat dari kondisi lingkungan kamar yang sehat dan nyaman.

Tidak hanya kualitas udara yang meningkat, aroma yang dikeluarkan tanaman juga dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Sejumlah aroma tanaman hias memberikan efek yang cukup menenangkan.

Mulailah untuk menempatkan beberapa tanaman hias di dalam kamar. Selain mempercantik kamar, keberadaan tanaman hias juga memberi efek yang menyehatkan.

Dikutip dari laman Start Sleeping dan ProFlower, berikut adalah beberapa tanaman hias yang akan membuat tidur lebih nyenyak.

1. Melati

Tanaman melati menghasilkan bunga berwarna putih kecil yang cantik. Melati juga memiliki aroma yang khas dan dapat menimbulkan efek relaksasi. Studi menunjukkan, aroma melati dapat menurunkan tingkat kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur.

Tanaman melati membutuhkan sinar matahari. Tempatkan melati di jendela atau area yang memungkinkan tanaman terkena sinar matahari langsung. Sirami secara teratur selama periode berbunga.

2. Gardenia

Gardenia adalah tanaman beraroma wangi yang berasal dari China dan Jepang, tanaman ini terbukti bermanfaat besar untuk kualitas tidur. Peneliti Jerman mengungkapkan temuannya, bahwa bahan kimia dalam bunga gardenia dapat meningkatkan aktivitas neurotransmitter GABA yang menimbulkan efek relaksasi.

Gardenia membutuhkan cahaya terang secara tidak langsung, setidaknya selama empat jam dalam sehari dengan tingkat kelembapan yang tinggi. Jika kamar tidur Anda tidak terlalu lembap, sirami gardenia secara teratur.

3. Lavender

Anda mungkin pernah mendengar bahwa sejumlah perempuan di era Victoria, mengisi bantal tidur mereka dengan lavender untuk mendapatkan efek ketenangan dalam tidur. Nah, Anda dapat menghadirkan tanaman ini dalam kamar.

Namun, tanaman lavender membutuhkan sinar matahari penuh dan penyiraman yang cukup intens. Anda perlu memastikan kebutuhan perawatan tanaman agar lavender dapat terus memberikan manfaatnya.

4. Lidah mertua

Lidah mertua berasal dari daerah tropis dan subtropis Afrika, Asia, dan Eropa. Tanaman ini dikenal ampuh dalam menghilangkan racun dalam udara seperti formaldehida, benzena, xilena, toluena, dan trikloroetilen. Tanaman ini juga mampu mengubah karbon dioksida menjadi oksigen pada malam hari.

Lidah mertua tidak membutuhkan sinar matahari langsung dan tidak memerlukan banyak air. Anda harus menjadwalkan penyiraman untuk tanaman ini, sebab kandungan air yang berlebih pada tanaman lidah mertua berisiko merusak akar tanaman.

5. Lidah buaya

Selain dikenal dengan manfaat kesehatannya, lidah buaya juga berfungsi sebagai pembersih udara. Anda bisa menempatkannya di salah satu sudut kamar yang terjangkau cahaya matahari.

Lidah budaya akan hidup dan tumbuh dengan sangat baik saat terpapar banyak cahaya. Sirami setiap dua minggu sekali, setelah media tanah terlihat mengering dan kurang lembab.

6. Peace lily

Peace lily termasuk ke dalam daftar tanaman pembersih udara versi NASA. Tanaman ini memerlukan perawatan yang tidak terlalu rumit.

Peneliti mengungkapkan, peace lily memiliki manfaat efektif untuk menghilangkan toluene dan xylene dari udara. Peace lily juga menyerap spora jamur dari udara ke daun.

Bunga ini dikenal menyukai suasana teduh dan dapat bertahan hidup di dalam kamar meski tanpa jendela. Tanaman ini tak dapat hidup dengan paparan angin dingin.

Anda dapat menyiram tanaman saat daun mulai terkulai. Biasanya hal itu terjadi selama seminggu sekali.

Ikuti info dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI.id, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!