5 Tanaman Hias yang Bisa Hasilkan Oksigen untuk Dalam Ruangan
Ilustrasi (Freddie Marriage/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Bagi Anda yang menderita penyakit gangguan pernapasan, keinginan untuk mendapatkan lebih banyak oksigen bisa menjadi tuntutan. Meskipun ada pilihan yang tersedia untuk meningkatkan oksigen melalui sarana seperti oksigenator dan pembersih udara, ada berbagai alternatif alami untuk meningkatkan kualitas udara yang bermanfaat bagi tubuh dan pikiran. Melansir Lung Health Institute, Kamis, 10 Maret, rumah bisa dijadikan sumber kesehatan dan kesejahteraan yang baik. Dengan mempertimbangkan kesehatan, VOI telah menyusun daftar lima tanaman terbaik yang bisa meningkatkan oksigen di dalam ruangan.

Palem Pinang

Seperti tanaman lainnya, Palem Pinang memiliki kemampuan menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen. Namun, yang membedakan Palem Pinang dengan tanaman hias lainnya yakni kemampuannya untuk menjernihkan udara dengan menghilangkan bahan kimia berbahaya seperti formaldehida, xilena, dan toluena. Palem pinang bisa diletakkan di tempat cukup cahaya dan perlu sering disiram. Tempat terbaik untuk meletakkan Palem Pinang adalah ruang tamu.

Lidah Mertua

Dianggap sangat efisien dalam produksi oksigen, Tanaman Ular atau dikenal sebagai Lidah Mertua, memiliki keunikan dimana oksigen diproduksi malam hari serta kemampuannya untuk memurnikan udara dari zat berbahaya seperti benzena, formaldehida, tricloroetileno, xilena dan toluena.

Lidah Mertua dapat tumbuh dengan baik dalam ruangan yang cukup cahaya serta  perlu disiram setiap minggu. Dalam ruangan tertutup udara, tanaman ini mampu menghasilkan oksigen yang cukup untuk bernapas secara normal. Lidah mertua bisa Anda tempatkan di kamar tidur.

Money Plant atau Photos

Money Plant terkenal karena kemampuannya menghilangkan bahan kimia dan polutan lain dari udara, khususnya benzena, formaldehida, xilena, dan toluena. Namun, terlepas dari manfaat membersihkan udara, tanaman ini beracun bagi kucing, anjing, dan anak kecil jika daunnya tertelan.

Tanaman ini lebih tidak terlalu suka cahaya namun perlu disiram setiap minggu atau lebih. Bisa ditempatkan di setiap ruangan tetapi jauhkan dari jangkauan hewan peliharaan atau anak kecil.

Gerbera Daisy

Jadi salah satu tanaman hias tercantik, Gerbera Daisy sering digunakan sebagai elemen dekoratif dalam berkebun. Namun, Gerbera Daisy juga memiliki kemampuan menghasilkan oksigen tingkat tinggi di malam hari sambil menghilangkan bahan kimia berbahaya, seperti benzena dan trikloretilen. Bermanfaat bagi mereka yang menderita sleep apnea dan gangguan pernapasan, letakkan tanaman ini di nakas sehingga Anda bisa memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Gerbera Daisy lebih menyukai sinar matahari. Anda perlu menyiramnya secara teratur dan pastikan kondisi tanah tetap lembab.

Cemara Cina

Cemara Sinensis adalah salah satu tanaman hias dalam rumah yang paling umum. Tanaman ini memancarkan kandungan oksigen yang tinggi sekaligus memurnikan udara dalam ruangan dari bahan kimia berbahaya seperti benzena, formaldehida, dan racun lainnya. Seperti namanya, ini cukup populer di China khususnya karena efisiensinya yang tinggi dalam menghilangkan polutan berbahaya dari udara. Chinese Evergreen tumbuh dengan baik di tempat teduh dan hanya perlu disiram sesekali dengan fokus menjaga kelembapan tanah.