Ribuan Umat Islam Rayakan Idul Fitri di Masjid Agung Sumut Meski Masjid Sedang Direnovasi
Ribuan warga Kota Medan melaksanakan Shalat Idul Fitri 1444 Hijriah di Masjid Agung Sumut, Medan. (foto: dok. antara)

Bagikan:

JAKARTA - Ribuan warga melaksanakan shalat Idul Idul Fitri 1444 Hijriah di Masjid Agung Sumatera Utara, Medan, Sabtu, 22 April. Masjid  yang berlokasi di Jalan Pangeran Diponegoro, Kota Medan sebenarnya tengah dilakukan renovasi. Masjid kebanggaan Sumut ini akan diperkirakan rampung saat shalat Idul Adha 1444 Hijriah.

Bertindak sebagai khatib Dr H Dedi Iskandar Batubara, dan imam Al Hafizh H Muhammad Syukur Siregar, S.Pdi. Dalam Khotbahnya, Dedi Iskandar Batubara mengatakan di momen Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah ini dapat meningkatkan iman dan taqwa umat Islam kepada Allah SWT.

"Idul Fitri sejatinya lahirnya kita kembali suci, sudah sebelum penuh kita berpuasa, dengan kesempatan itu, meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT," ujar Dedi Iskandar Batubara, Sabtu, dikutip Antara.

Ia juga mengingatkan para jamaah shalat Lebaran agar terus memelihara ibadah terutama zikir sebagaimana yang telah dikerjakan pada bulan Ramadhan dan tidak meninggalkan ibadah yang wajib.

"Jangan lagi setelah selesai puasa kita tidak melaksanakan shalat wajib dan marilah kita terus berzikir," katanya.

Pemantauan di lokasi, umat Muslim yang melaksanakan shalat Idul Fitri itu tidak hanya memadati ruangan di dalam masjid, halaman masjid, tetapi juga di bagian tempat parkir kendaraan roda empat.

Jamaah yang melaksanakan shalat Idul Fitri 1444 Hijrah di Masjid Agung Sumut tidak hanya warga Medan, tetapi juga penduduk dari luar daerah yakni Aceh, Binjai, Langkat, dan beberapa daerah lainnya di Provinsi Sumatera Utara.

Berdasarkan keputusan sidang isbat oleh Pemerintah melalui Kementerian Agama menyatakan Lebaran Idul Fitri jatuh pada Sabtu, 22 April 2023.