Masyarakat yang Ingin Berwisata ke Museum Kota Tua Diharapkan Naik Angkutan Umum
Wisata Kota Tua/ Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Dinas Perhubungan DKI Jakarta menyiapkan dua kantong parkir di dekat kawasan wisata Kota Tua, Jakarta Barat, untuk mengakomodasi kendaraan bermotor warga saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Kami mengimbau kepada masyarakat tetap menggunakan layanan angkutan umum," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Syafrin Liputo, dikutip dari Antara di Jakarta, Sabtu, 23 Desember.

Dua kantong parkir itu, yakni di Taman Kota Intan atau bekas Gedung Glodok. Pengunjung dapat memarkirkan kendaraan bermotornya dan lanjut berjalan kaki ke kawasan Kota Tua.

Namun, ia mengajak pengunjung untuk menggunakan transportasi umum di antaranya TransJakarta atau menggunakan Kereta Rel Listrik (KRL) yang turun langsung di Stasiun Jakarta Kota.

Sementara itu, kawasan Kota Tua saat libur Natal dan tahun baru dipadati para pengunjung yang menikmati bangunan bersejarah era Belanda itu.

Selain menikmati museum sejarah di kawasan itu, selama Natal dan tahun baru, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengadakan Festival Lampu (Jakarta Lights Festival) diadakan mulai 22 Desember 2022 hingga 5 Januari 2023. Salah satunya di pelataran Museum Sejarah Jakarta di Kota Tua.

Ada tiga pohon Natal yang didirikan di depan museum itu lengkap dengan hiasan lampu yang mulai dinyalakan pukul 18.00 WIB.

Pengunjung juga dapat menikmati suasana Kota Tua dengan menaiki sepeda "ontel" atau "gowes" yang disewakan atau menumpangi delman.

Suarno, penyedia jasa sewa sepeda menuturkan, penyewaan sepeda rata-rata per 30 menit dengan harga sewa mencapai Rp20.000.

Ia bersyukur libur Natal dan tahun baru banyak pengunjung menyewa jasa sepeda. Dari biasanya hanya kurang dari 20 orang per hari menjadi sekitar 100 orang per hari.

Banyaknya wisatawan yang berkunjung di Kota Tua juga memberikan pemasukan kepada kusir delman.

"Kalau keliling Kota Tua itu Rp80.000. Selama musim liburan ini lumayan bisa dapat Rp1 juta sehari dibanding hari biasa itu sekitar Rp500 ribu," kata kusir delman Kota Tua, Aep Saepudin.