Muhammadiyah Tanah Abang Bagikan Kurban untuk Anak Panti dan Pemulung
Salat Iduladha di Tanah Abang/Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA - Perguruan Muhammadiyah Tanah Abang 1 membagikan hewan kurban bagi anak panti dan pemulung di Jakarta usai penyembelihan dan Shalat Idul Adha pada Sabtu 9 Juli.

"Penerima kurban adalah para penghuni panti di Perguruan Muhammadiyah Tanah Abang 1, selain itu akan dibagikan juga kepada warga sekitar dan para pemulung yang melewati tempat ini," kata Ketua Perguruan Muhammadiyah Tanah Abang 1 Eno Tardana di Jakarta, Sabtu 9 Juli.

Eno menuturkan Idul Adha merupakan waktu yang tepat untuk saling berbagi sesuai dengan makna hari raya itu, yaitu berkurban.

“Agar semangat perjuangan jihad berkurban, menolong sesama dan lain-lain itu, segera ditingkatkan dan dilaksanakan” tutur Eno.

Eno juga mengingatkan bahwa saat ini banyak warga yang perekonomian belum stabil sehingga berkurban merupakan salah satu cara untuk berbagi dengan mereka.

Eno juga memastikan pembagian hewan kurban nanti, akan dilaksanakan dengan tertib dan sesuai dengan aturan untuk menghindari terjadinya kerumunan.

Untuk Sabtu, penyembelihan hanya dilakukan untuk hewan kurban kambing, sementara untuk sapi akan dilaksanakan pada Minggu esok.

Perguruan Muhammadiyah Tanah Abang 1 menerima tiga sapi dan lima kambing sebagai kurban untuk disembelih dan dibagikan kepada pihak yang membutuhkan.

Menurut Eno, selain di Tanah Abang ada 11 lokasi ranting Muhammadiyah yang menyembelih hewan kurban, namun ia tidak dapat memastikan jumlah kurban di tiap ranting.

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah menetapkan 10 Dzulhijjah jatuh pada Sabtu sesuai dengan perhitungan hisab, sehingga waktu pelaksanaannya berbeda dengan pemerintah yang merayakan Idul Adha pada Minggu esok.

Sebagian warga Tanah Abang melaksanakan Shalat Idul Adha di jalan raya depan Gedung Perguruan Muhammadiyah Tanah Abang 1 dan diikuti 2.000 jamaah dari sejumlah wilayah di Jakarta Pusat.