Tak Ikut Anjuran Pemerintah Sebagian Warga Muslim di Papua Salat Iduladha Hari Ini
Salat Id Papua/Foto: Antara

Bagikan:

JAYAPURA - Sebagian warga Muslim di wilayah Provinsi Papua menunaikan shalat Idul Adha 1443 Hijriah pada Sabtu 9 Juli pagi, lebih awal dari waktu perayaan Raya Idul Adha 1443 Hijriah yang ditetapkan pemerintah pada 10 Juli 2022.

Di Kota Jayapura, ibu kota Provinsi Papua, warga Muslim antara lain melaksanakan shalat Idul Adha di halaman parkir gedung pasca-sarjana Universitas Cenderawasih.

Ustadz H. Umar Bauw al Bintuni menjadi imam dan Ustadz H. Merza Edy Nadzari bertindak sebagai khatib dalam pelaksanaan shalat Idul Adha di kompleks Universitas Cendrawasih.

Wakil Ketua Pengurus Daerah Muhammadiyah Papua Suwito mengatakan bahwa warga Muhammadiyah di tujuh daerah lain di Papua juga melaksanakan shalat Idul Adha pada Sabtu.

Menurut dia, di antara jamaah Muhammadiyah di Papua ada yang melaksanakan shalat Idul Adha di Masjid Al Hikmah di Bambu Pemali, Kabupaten Merauke; halaman asrama putra panti asuhan Muhammadiyah di Arso, Kabupaten Keerom; dan kompleks Griya Rasen ​​​​​​​di Sentani, Kabupaten Jayapura.

Shalat Idul Adha juga dilaksanakan di halaman SMP/ SMK Muhammadiyah di Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen; halaman TK Aisyiyah Bustanul Athfal ​​​​​​​di Biak, Kabupaten Biak Numfor; halaman panti asuhan Istiqamah Bumi Wonorejo di Kabupaten Nabire; serta Masjid Al-Nur Kebun Sirih di Timika, Kabupaten Mimika.

Suwito mengatakan bahwa setelah pelaksanaan shalat Idul Adha, pengurus Muhammadiyah di Kota Jayapura melakukan penyembelihan hewan kurban.

Dosen di Universitas Cenderawasih itu mengatakan bahwa ada 17 sapi dan dua kambing yang akan disembelih Sabtu (9/7) dan Minggu (10/7) di beberapa lokasi penyembelihan hewan kurban di Kota Jayapura.